Kamis, 02 Desember 2010

astabrataa ...




SPIRITUALITAS

Kata spiritual, kini semakin kehilangan spirit-nya. Bukan hanya karena pergeseran-pergeseran pemaknaan seperti itu, akan tetapi berbagai keterbatasan lahiriah dan naluriah, kecenderungan-kecenderungan serta pengkondisi-pengkondisi lainnya, telah menyulitkan kita untuk memahami spirit, sang jiwa, sang roh, “sang dumadi”, “sanghyang urip” yang ada pada setiap makhluk berjiwa, yang justru merupakan isu utama dunia spiritual.


INTEGRITAS

Integritas dapat dipahami dari makna huruf menjadi kata bermakna yaitu
  • Ikrar
  • Niat
  • Tabiat
  • Emosional
  • Guna
  • Rasional
  • Ihsan
  • Tawakkal
  • Amanah
  • Sabar.
Kepemimpinan yang dibangun atas kekuatan berpikir dengan kebiasaan yang produktif yang dilandasai oleh kekuatan moral berarti ia memiliki “Integritas” untuk bersikap dan berperilaku sehingga ia mampu memberikan keteladanan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan perubahan yang terkait dengan proses berpikir.


INTELEKTUAL

Intelektual ialah orang yang menggunakan inteleknya untuk bekerja, belajar, membayangkan, mengagak, atau menyoal dan menjawab soalan tentang berbagai-bagai idea. Secara amnya, terdapat tiga takrif moden untuk istilah "intelektual", iaitu:

  1. mereka yang amat terlibat dalam idea-idea dan buku-buku;
  2. mereka yang mempunyai kepakaran dalam budaya dan seni yang memberikan mereka kewibawaan kebudayaan, dan yang kemudian mempergunakan kewibawaan itu untuk bertutur tentang perkara-perkara lain di khalayak ramai. Golongan ini dipanggil sebagai "intelektual kebudayaan".
  3. dari segi Marxisme, mereka yang tergolong dalam kelas pensyarah, guru, peguam, wartawan, dan sebagainya.

PROFESIONAL

Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan seusai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. Meskipun begitu, seringkali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut "profesional" dalam bidangnya meskipun bukan merupakan anggota sebuah entitas yang didirikan dengan sah. Sebagai contoh, dalam dunia olahraga terdapat olahragawan profesional yang merupakan kebalikan dari olahragawan amatir yang bukan berpartisipasi dalam sebuah turnamen/kompetisi demi uang.

SOLIDERITAS


KEBERSAMAAN merupakan satu gerakan kampanye yang diprakarsai oleh Yayasan Tunas Cendekia. Gerakan ini merupakan satu bentuk kepedulian terhadap nasib pendidikan anak-anak Indonesia. Hasil solidaritasKEBERSAMAAN diwujudkan dalam bentuk bantuan pendidikan seperti buku, seragam, alat tulis dan sejenisnya. Semua untuk peningkatan pendidikan anak Indonesia.

Gerakan ini terbentuk karena kami sadar, anak-anak Indonesia, dimanapun mereka berada, merupakan masa depan bangsa. Anak-anak ini secara tidak langsung merupakan anak kita juga. Teman-teman bagi anak-cucu kita kelak. Jika kita menginginkan masa depan yang lebih baik bagi anak-cucu, pastikan kita bantu anak-anak ini menjadi pendamping yang terbaik bagi mereka.


ENTERPRENEURSHIP

Kewirausahaan adalah tindakan menjadi seorang pengusaha, yang dapat didefinisikan sebagai "orang yang melakukan inovasi, keuangan dan ketajaman bisnis dalam upaya untuk mengubah inovasi menjadi barang ekonomi". Hal ini dapat mengakibatkan organisasi baru atau mungkin menjadi bagian dari revitalisasi organisasi matang dalam menanggapi kesempatan yang dirasakan. Bentuk paling jelas dari kewirausahaan adalah bahwa untuk memulai usaha baru (disebut Startup Perusahaan), namun, dalam beberapa tahun terakhir, istilah ini telah diperpanjang untuk memasukkan bentuk-bentuk sosial dan politik dari aktivitas kewirausahaan. Ketika kewirausahaan adalah penjelasan kegiatan dalam suatu perusahaan atau organisasi besar ini disebut sebagai intra-preneurship dan mungkin termasuk perusahaan venturing, ketika entitas besar spin-off organisasi.

KETEKUNAN

Ketekunan adalah upaya bersinambung untuk mencapai tujuan tertentu tanpa mudah menyerah hingga meraih keberhasilan (Ranjit Singh Malhi, Enhancing Personal Quality,2005). Dengan kata lain,Denis Watley dalam Malhi, menyebutkan, “ketekunan tetap berlangsung walau adanya rintangan yang menghadang anda,dan anda mengetahui apa yang anda lakukan adalah benar”. Ketekunan sering juga digambarkan sebagai keberhasilan seseorang melakukan sesuatu melalui percobaan dan kesalahan yang dialaminya. Semacam bentuk keuletan bekerja.


DEDIKASI

Dedikasi adalah kewajiban yang mengharuskan untuk tidak menguntungkan diri pribadi, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam bentuk materi atau lainnya, berkat fungsi yang dilaksanakannya yang berkaitan dengan kepentingan dan tekanan dari pihak ketiga, dalam bentuk apapun juga, dengan maksud selalu menghormati dan menjunjung tinggi kebersamaan hak dan kedudukan setiap warga negara.


Struktur manajemen politeknik telkom



Tidak ada komentar:

Posting Komentar